Training Pelayanan Pasien Case Manager

Training Pelayanan Pasien Case Manager

Training  Pelayanan Pasien Case Manager: (Bogor, 20-21 Maret 2019)

PENDAHULUAN

Traning Pelayanan Pasien Case Manager – oleh Mitra Prima Indonesia . Keselamatan pasien di rumah sakit adalah tujuan mendasar setiap rumah sakit. Berbagai negara sudah mengubah paradigma dari quality ke quality safety. Issue keselamatan pasien rumah sakit telah berkembang di Indonesia sejalan dengan semakin maraknya kasus-kasus yang masuk ke tuntutan hukum dan pengadilan. Kenyataan yang ada di rumah sakit bahwa terdapat ratusan jenis obat, ratusan tes dan prosedur, terdapat banyak pasien, kelompok profesi dan individu staff, serta banyak sistem dan keberagaman yang semuanya ini sangat potensial menimbulkan kesalahan. Dimana kesalahan tersebut bisa berdampak terhadap hilangnya kehidupan seorang pasien ataupun kesalahan fatal lainnya.  Konsep pelayanan di rumah sakit yang menggunakan konsep PCC (Patient Centered Care) adalah pelayanan yang melaksanakan 4 konsep dasar yaitu : 1. Martabat dan Respek kepada pasien,  2.Berbagi informasi kepada pasien,  3.Partisipasi pasien dalam pelayanan dan 4.Kolaborasi / kerjasama. Untuk tercapainya pelayanan berfokus pasien, asuhan yang diberikan kepada pasien haruslah asuhan yang terintegrasi, dimana semua professional pemberi asuhan berkolaborasi dalam menjalankan asuhan.

Pelayanan Pasien Case Manager adalah seorang yang professional di dalam Rumah Sakit yang bekerja secara kolaboratif dengan PPA, memastikan  bahwa pasien dirawat serta ditransisikan ke tingkat asuhan yang tepat, dalam perencanaan asuhan yang efektif dan menerima pengobatan yang ditentukan, serta didukung pelayanan dan perencanaan yang dibutuhkan selama maupun sesudah perawatan Rumah Sakit

Direktur rumah sakit perlu menetapkan staf medis, keperawatan, dan staf lain yang bertanggung jawab atas pelayanan pasien, staf yang dimaksud adalah Manajer Pelayanan Pasien (case manager) baik dari kalangan dokter atau tenaga keperawatan yang kompeten. Bekerja sama dalam menganalisis dan mengintegrasikan asesmen pasien.

Tujun Traning Pelayanan Pasien Case Manager

  • Menerapkan Pelayanan Fokus pada Pasien (Patient Centered Care)
  • Mempunyai hubungan kerja yang professional dengan para dokter dan staf klinis.
  • Memiliki relasi dengan pasien dan keluarga.
  • Mengetahui peran dan fungsi Manajer Pelayanan Pasien di Rumah Sakit.

Materi Traning Pelayanan Pasien Case Manager

  • Pemahaman konsep Pelayanan Berfokus pada Pasien
  • Panduan transfer pasien dan Kode Biru
  • Interprofessional Collaborative Competency
  • Asuhan terintegrasi adalah implementasi PCC
  • Peranan Rekam Medis dalam Pelaksanaan Patient Centered Care
  • Memahami dan menyelesaikan permasalahan pembayaran klaim BPJS
  • Mengimplementasikan Pola Kerjasama dengan DPJP
  • Peran dan fungsi DPJP dalam implementasi PCC
  • Peran Case Manager dalam implementasi PCC
  • Pemahaman tentang Integrated Clinical Pathway
  • Tanya jawab dan studi kasus

Peserta Traning Pelayanan Pasien Case Manager

Program Training Manajer Pelayanan Pasien ini sangat dianjurkan diikuti oleh mereka dengan latar belakang profesi yang menjabat sebagai Direktur RS dan jajaran Direksi RS, pemilik RS atau Dewan / Direksi Perusahaan, Komite Medis (Ketua dan Pengurus), Staf Medis Rumah Sakit, Staf Keperawatan Rumah Sakit, Staf SIMRS, Staf Profesioanal lainnya

Metode Traning Pelayanan Pasien Case Manager

Methode pelatihan menggunakan metode interaktif, yaitu pemahaman dari sisi konsep, contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan.

Peserta Traning Pelayanan Pasien Case Manager

Ka. instalasi radiologi, staff instalasi radiologi, radiographer, direktur teknik ISPRS, team teknisi rumah sakit, petugas kalibrasi dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam pengelolahan dan perawatan peralatan medis

Instruktur/Trainer

Mitra Prima Indonesia Consultant & Team.

Durasi

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Investasi 

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Rp. 3.500.000/peserta (khusus Schedule di Jakarta dengan minimal 3 orang peserta dari satu Instansi).

Fasilitas Training

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan dilaksanakan di hotel berbintang.

HUBUNGI KAMI!!!

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:
Nur         : 0812-90005137 (Simpati / WhatsApp)
Bram      : 0878-80005137 (XL)

Email:
training.mitraprima@gmail.com

Website:
www.mitra-prima.co.id

Jadwal 

Traning Pelayanan Pasien Case Manager 2019:

  • Bogor, 20-21 Maret 2019
  • Bandung, 4-5 April 2019
  • Yogyakarta, 17-18 April 2019
  • Jakarta, 13-14 Juni 2019
  • Bogor, 23-24 Juni 2019
  • Bandung, 1-2 Juli 2019
  • Yogayakarta, 14-15 Juli 2019
  • Jakarta 1-2 Agustus 2019
  • Bogor, 12-13 Agustus 2019
  • Bandung, 5-6 September 2019
  • Yogyakarta, 15-16 September 2019
  • Jakarta, 3-4 Oktober 2019
  • Bogor, 17-18 Oktober 2019
  • Bandung, 7-8 November 2019
  • Yogyakarta, 21-22 November 2019
  • Jakarta, 5-6 Desember 2019
  • Bogor, 19-20 Desember 2019

Klik Jadwal Public Training Lainnya