Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility

Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility

Jakarta, 29-30 November 2017

Download Brosur Pelatihan

PENDAHULUAN

Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility oleh Mitra Prima Indonesia – ISO 26000 merupakan standard rujukan dari the International Organisation for Standardization (ISO) yang secara khusus berfokus  pada tanggung jawab sosial. ISO 26000 ini dipersiapkan secara khusus sebagai standard global yang berlaku secara internasional sebagai referensi dan patokan bagi perusahaan-perusahaan yang mempunyai komitmen untuk membentuk masa depan bisnis yang bertanggung jawab. Standard ISO 26000 ini akan menjadi landasan perspektif tentang konsep dan aplikasi dari Social Responsibility (SR) berbagai isu yang perlu dikaji dalam rangka operasionalisasi bisnis yang bertanggung jawab dan berbagai best practices dalam rangka penerapan standard Social Responsibility ini. Standard rujukan ISO 26000 bertujuan untuk  menyediakan dukungan praktis yang terkait dengan operasionalisasi tanggung jawab sosial, identifikasi dan pelibatan stakeholders dalam program-program komunitas, dan upaya meningkatkan kredibilitas serta citra atas laporan dan klaim dari aktivitas perusahaan yang berorientasi kepada tanggung jawab sosial.

Di Indonesia, CSR merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah yang termaktub pada pasal 74 UU Perseroan Terbatas (UUPT). Hal ini menuntut wajib bagi para perusahaan, kelembagaan maupun institusi untuk melaksanakan ISO 26000 dimana semua organisasi tersebut juga dituntut untuk memperhatikan aspek social, dan lingkungan selain daripada aspek keuangannya. Meskipun ISO 26000 belum seluruhnya di terapkan oleh organisasi-organisasi karena CSR dianggap tidak mampu memberikan dampak keuntungan keuangan dalam jangka pendek, dan karena ketidak-tahuan dalam mengelolah CSR dengan baik. Maka dari itu perlu dilakukan pemahaman tentang isi dan implementasi ISO 26000 agar pelaksanaan program CSR dapat berjalan dengan baik.

Tujuan Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility

Setelah mengikuti pelatihan di Mitra Prima, peserta diharapkan dapat:

  • Memahami konsep Training ISO 26000: CSR Guidance (Sistem Manajemen Corporate Social Responsibility).
  • Memahami konsep, pendekatan, subyek, metoda dan teknik yang diperlukan untuk mengelola program tanggung jawab sosial secara efektif di dalam perusahaan.
  • Memahami hubungan antara komponen program tanggung jawab sosial berbasis ISO 26000 dengan pemenuhan persyaratan kebutuhan stakeholders yang berbeda-beda.
  • Mendapatkan keahlian yang dibutuhkan untuk mendukung perusahaan dalam rangka untuk menerapkan, mengelola dan memelihara program tanggung jawab sosial sebagaimana rujukan dari standard ISO 26000.
  • Mendapatkan keahlian yang diperlukan untuk mengelola tim yang bertugas untuk menerapkan praktek ISO 26000.
  • Mengembangkan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk memberikan dukungan kepada perusahaan menyangkut best practices di dalam manajemen tanggung jawab sosial sesuai dengan ISO 26000.
  • Meningkatkan kapasitas analisis dan pengambilan keputusan dalam konteks tanggung jawab sosial di dalam perusahaan sesuai dengan ISO 26000.

Materi Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility

Berikut ini materi yang diajarkan team trainer Mitra Prima, yaitu:

  • Latar belakang pengembangan ISO 26000.
  • Alasan pembangunan program CSR bagi perusahaan dan manfaatnya.
  • CSR berdasarkan standar internasional ISO 26000.
  • Pembangunan program CSR ISO 26000 terintegrasi dengan PP 74 UU PT.
  • Pengenalan dan ruang lingkup ISO 26000.
  • Definisi, regulasi, implementasi dan pelaporan CSR.
  • Evaluasi CSR.
  • Isu-isu CSR di Asia: tata kelola perusahaan, kepatuhan terhadap hukum, penghormatan terhadap norma dan HAM, perubahan iklim, sumber daya manusia, isu lingkungan.
  • Pelaporan kegiatan CSR ke seluruh pemangku kepentingan (stakeholder).
  • Kiat sukses membangun, mempromosikan danmendorong implementasi CSR berdasarkan ISO 26000.

Sasaran Peserta Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility

Personel perusahaan yang terlibat dalam program CSR dan bagian lain yang terkait seperti SDM, Perencanaan Operasi dan Pemeliharaan, Akuntasnsi, Lingkungan dan K3.

Instruktur/Trainer

Mitra Prima Indonesia Consultant & Team.

Metode Training

Metode interaktif, presentasi, diskusi, dan studi kasus.

Durasi Pelatihan

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09:00 – 16:00 Wib.

Investasi Pelatihan

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Fasilitas Pelatihan/ Training ISO 26000 Corporate Social Responbility

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan Pelatihan dilaksanakan di hotel berbintang.

HUBUNGI KAMI!!!

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:
Nur         : 0812-90005137 (Simpati / WhatsApp)
Bram      : 0878-80005137 (XL)

Email:
training.mitraprima@gmail.com

Website:
www.mitra-prima.co.id

Jadwal Training ISO 26000 Corporate Social Responsibility Tahun 2017:

Klik Jadwal Public Training Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *