puskesmas

Training Akreditasi Puskesmas

Pendahuluan

Training Akreditasi Puskesmas – Untuk meningkatkan pelayanan sarana kesehatan dasar khususnya Puskesmas kepada masyarakat, dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan sistem manajemen mutu dan upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik pelayanan klinis, upaya Puskesmas  dan manajerial.

Akreditasi Puskesmas dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya merupakan salah satu mekanisme regulasi yang bertujuan untuk mendorong upaya peningkatan mutu dan kinerja pelayanan di fasilitas pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh lembaga independen yang diberikan kewenangan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Selain itu untuk mememnuhi persyaratan Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya yang akan kerjasama dengan BPJS dipersyaratan lulus akreditasi sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Permenkes nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional).

Dalam pelaksanaan akreditasi dilakukan penilaian dengan menggunakan standar akreditasi yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Agar Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya dapat memenuhi standar akreditasi  dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan dari Unsur Dinas Kesehatan dan Puskesmas lainnya dapat membangun sistem pelayanan yang didukung oleh tata kelola yang baik dan kepemimpinan yang mempunyai komitmen yang tinggi untuk menyediakan pelayanan yang mutu, aman, dan terjangkau bagi masyarakat secara berkesinambungan.  Untuk  itu,  perlu  terlebih  dahulu  dilakukan  Bimbingan Teknis Bagi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya.

Tujuan Training Akreditasi Puskesmas

Setelah mengikuti pelatihan di Mitra Prima peserta mampu memahami, merencanakan dan melaksanakan tahapan akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya sesuai dengan Standar Akreditasi.

Tujuan Khusus Training Akreditasi Puskesmas di Mitra Prima antara lain:

  • Menjelaskan kebijakan Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
  • Menjelaskan Konsep mutu dan Kebijakan Akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Menjelaskan Standar dan instrumen akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Menyusun dokumen akreditasi
  • Melakukan self assesment akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Memfasilitasi proses akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Melakukan audit internal akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Menerapkan prinsip pembelajaran orang dewasa melalui komunikasiefektif
  • Membuat rencana pembelajaran melalui penyusunan Satuan Acara Pembelajaran (SAP).

Materi Training Akreditasi Puskesmas

Berikut ini materi yang diajarkan oleh team trainer Mitra Prima, yaitu:

  • Kebijakan Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama lainnya
  • Konsep mutu dan Kebijakan Akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Standar dan instrumen akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Menyusun dokumenakreditasi
  • Self assesment akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Proses akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya
  • Audit internal akreditasi Puskesmas, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertamalainnya

Sasaran Peserta Training Akreditasi Puskesmas

  1. Unsur Dinas Kesehatan.
  2. Tim Akreditasi Puskesmas.
  3. Kepala Puskesmas.
  4. SDM Puskesmas.

Instruktur/Trainer

Mitra Prima Indonesia Consultant & Team.

Durasi Pelatihan

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Investasi Pelatihan

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Fasilitas Pelatihan

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan Pelatihan dilaksanakan di hotel berbintang.

HUBUNGI KAMI!!!

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:
Nur         : 0812-90005137 (Simpati / WhatsApp)
Bram      : 0878-80005137 (XL)

Email:

training.mitraprima@gmail.com

Jadwal Training Akreditasi Puskesmas Tahun 2019:

  • Jakarta, 9-10 Januari 2019
  • Bogor, 22-23 Januari 2019
  • Bandung, 10-11 Februari 2019
  • Yogyakarta, 27-28 Februari 2019
  • Jakarta, 13-14 Maret 2019
  • Bogor, 26-27 Maret 2019
  • Bandung, 7-8 April 2019
  • Yogyakarta, 21-22 April 2019
  • Jakarta, 16-17 Juni 2019
  • Bogor, 26-27 Juni 2019
  • Bandung, 4-5 Juli 2019
  • Yogyakarta, 16-17 Juli 2019
  • Jakarta, 8-9 Agustus 2019
  • Bogor, 14-15 Agustus 2019
  • Bandung, 8-9 September 2019
  • Yogyakarta, 17-18 September 2019
  • Jakarta, 9-10 Oktober 2019
  • Bogor, 20-21 Oktober 2019
  • Bandung, 3-4 November 2019
  • Yogyakarta, 17-18 November 2019
  • Jakarta, 12-13 Desember 2019
  • Bogor, 22-23 Desember 2019