Training Service Excellence Rumah Sakit

Training Service Excellence Rumah Sakit

Bandung, 28-29 September 2017

Download Brosur Pelatihan

PENDAHULUAN

Training Service Excellence Rumah Sakit oleh Mitra Prima Indonesia – Sejak rilisnya UU tentang pelayanan publik pada tahun 2009, maka setiap institusi baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan karyawan yang mampu memberikan pelayanan prima atau sering disebut Service Excellence atau Excellent Service. Pengetahuan atau skill dalam melayani dapat dibangun dengan  melakukan pelatihan SDM di masing-masing institusi sehingga tujuan dari pelayanan prima (Excellent Service/Service Excellence) dapat terwujud dalam bentuk kepuasan pelanggan.

Customer adalah setiap orang yang membutuhkan produk atau jasa kita meliputi internal dan eksternal customer. Service excellence adalah pelayanan yang diberikan oleh seseorang atau organisasi yang membuat pelanggan senang, datang lagi dan mengajak rekan-rekannya untuk menikmati kesenangan yang pernah dinikmatinya.

Rumah sakit dibangun untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Ketika Anda berada di rumah sakit mungkin yang terlintas di pikiran adalah rasa takut dan bosan. Salah satu tujuan utama didirikan rumah sakit memang untuk memberikan pelayanan prima pada pasien mereka. Tapi, banyak sekali rumah sakit yang hanya asal-asalan saja dalam melayani pasien mereka. Tidak sedikit dari tenaga medis yang memberikan pelayanan kurang memuaskan pasien dan pada akhirnya pasien kapok berobat di rumah sakit tersebut. Bahkan hanya sebagian saja yang memberikan service excellent di rumah sakit kepada pasien. Padahal bukan hanya karyawan di bagian depan saja yang harus memberikan pelayanan prima, namun semua lini juga harus memberikan service excellent.

Service excellent sangat penting karena bisa memberikan efek yang luar biasa pada pasien. Mereka pada dasarnya tidak hanya ingin berobat namun juga ingin diperhatikan, di hormati dan disanjung. Jika semua ini di rumah sakit tersebut mampu memberikan service excellent di rumah sakit yang bagus efeknya tidak hanya kepuasan pasien namun omset yang didapat juga akan meningkat.

Service Excellence Rumah Sakit adalah pelayanan yang diberikan kepada pasien agar mereka terpuaskan dan ingin menggunakan jasa bahkan akan tetap memakai jasa dari rumah sakit tersebut di kemudian hari.

Bagaimana cara agar pasien mau menggunakan jasa rumah sakit lagi? Jawabannya hanya satu yaitu, pelayanan yang diberikan di rumah sakit harus benar-benar memuaskan bahkan harus bisa membuat pasien merasa terpuaskan dan lebih dihargai. Jika pelayanan yang didapatkan baik, pasien tidak hanya sekali menggunakan jasa rumah sakit, bahkan mereka juga akan mengatakan hal itu kepada orang-orang di sekitarnya. Dan orang – orang tersebut akan lebih percaya terhadap orang yang sudah berpengalaman langsung dibandingkan dari iklan atau janji-janji melalui media apapun. Oleh karena itu Mitra Prima Indonesia bermaksud menyelenggarakan pelatihan yang direkomendasikan untuk diikuti.

Tujuan Training Service Excellence Rumah Sakit

Diharapkan setelah mengikuti Pelatihan di Mitra Prima peserta mampu:

  • Memahami konsep service (pentingnya service) bagi kelangsungan bisnis rumah sakit.
  • Melihat service dari sudut pandang customer (pasien) dan memahami “9 Service Bites” yaitu: Access, Responsiveness, Competency, Courtesy, Reliability, Speed, Security, Tangible, and Professional.
  • Membantu peserta memahami komunikasi yang efektif sehingga mampu menciptakan image yang baik dari rumah sakit di mata customer.
  • Melatih peserta untuk membedakan tipe pasien dan secara terampil menghadapi keluhan pasien.
  • Mendeliver service kepada pasien dengan tujuan memberikan pengalaman yang luar biasa yang akan berbuah pada loyalitas pasien.

Materi Training Service Excellence Rumah Sakit

Berikut materi yang diajarkan team trainer Mitra Prina, yaitu:

  • Basic mentality for service excellence.
  • Rumah sakit vs pasien.
  • Karakteristik rumah sakit vs karakteristik pasien.
  • Keterampilan service excellence.
  • Penanganan keluhan.
  • Pengembangan layanan.
  • Action plan and improvement.
  • Budaya 3A membangun service excellence (Attitude, Attention & Action).

Sasaran Peserta Training Service Excellence Rumah Sakit

Customer service, bagian medis, dan semua karyawan lainnya di rumah sakit yang berinteraksi langsung dengan pasien.

Metode Training Service Excellence Rumah Sakit

Training di Mitra Prima menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

Instruktur/Trainer

Mitra Prima Indonesia Consultant & Team

Durasi Training

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Investasi Training Service Excellence Rumah Sakit

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Fasilitas Training Service Excellence Rumah Sakit

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan Pelatihan dilaksanakan di hotel berbintang.

HUBUNGI KAMI!!!

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:
Nur         : 0812-90005137 (Simpati / WhatsApp)
Bram      : 0878-80005137 (XL)

Email:
training.mitraprima@gmail.com

Website:
www.mitra-prima.co.id

Jadwal Training Service Excellence Rumah Sakit Tahun 2017:

  • Bandung, 28-29 September 2017
  • Yogyakarta, 4-5 Oktober 2017
  • Jakarta, 19-20 Oktober 2017
  • Bogor, 2-3 November 2017
  • Bandung, 22-23 November 2017
  • Yogyakarta, 6-7 Desember 2017
  • Jakarta, 20-21 Desember 2017

Klik Jadwal Public Training Lainnya

REFERENSI:

  1. RSUD Kota Tangerang Selatan, Banten.
  2. Klinik Harapan Medika, Kab. Rokan Hulu, Riau.
  3. RSUD Kepahiang Bengkulu.
  4. RSUD Ciawi Kab. Bogor.

Testimonial:

  • Win Guntersyah Franrianto – RSUD Ciawi. “Terhadap materi pelatihan langsung pada permasalahan & banyak diskusi dan fasilitator pelatihan cukup baik”.
  • Putri. H – RSUD Ciawi. “ Materi pelatihan sangat menarik karna dikaitkan dengan ilmu-ilmu agama islam”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *