Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Jakarta, 6-7 September 2017

Pendahuluan

Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) – Mutu dan keselamatan pasien sebenarnya sudah tertanam dalam kegiatan pekerjaan sehari-hari dari tenaga kesehatan profesional dan staf lainnya. Pada waktu dokter dan perawat menilai kebutuhan pasie dan memberikan asuhan, bab ini dapat membantu mereka memahami bagaimana perbaikan dapat benar-benar membantu pasien dan mengurangi resiko. Oleh karena itu, Rumah Sakit perlu menyusun suatu program untuk memperbaiki proses pelayanan terhadap pasien, agar kejadian yang tidak diinginkan dapat dicegah melalui rencana pelayanan yang komprehensif. Dengan meningkatnya keselamatan pasien, diharapkan dapat mengurangi terjadinya suatu kejadian yang tidak diinginkan sehingga kepercayaan masyarakat terhadap mutu pelayana Rumah Sakit kembali meningkat.

Bab ini menekankan bahwa perencanaa, perancangan, pengukuran, analisis dan perbaikan proses klinis serta prose manajerial harus secara terus menerus dikelola dengan baik dengan kepemimpinan jelas agar tercapai hasil maksimal. Pendekatan memberi arti bahwa sebagian besar proses pelayanan klinis terkait dengan satu atau lebih unit pelayanan lainnya. Jadi upaya untuk memperbaiki proses harus merujuk pada pengelolaan keseluruhan manajemen mutu rumah sakit dengan pengawasan dari komite perbaikan mutu dan keselamatan pasien. Oleh karena itu Mitra Prima Indonesia sebagai Konsultan & Training Rumah Sakit bermaksud menyelenggarakan pelatihan yang direkomendasikan untuk diikuti.

Tujuan Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Tujuan umum Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit di Mitra Prima adalah terwujudnya mutu pelayanan dan keselamatan pasien di rumah sakit.

Adapun tujuan khususnya, yaitu:

  • Peserta diharapkan dapat merencanakan program peningkatan mutu dan program keselamatan pasien.
  • Peserta dapat merancang proses-proses klinis baru dan proses manajerial dengan benar
  • Dapat mengukur apakah proses berjalan baik melalui pengumpulan data
  • Peserta dapat menerapkan dan melanjutkan perubahan yang dapat menghasilkan perbaikan.
  • Peserta mampu memberikan jaminan mutu pelayanan melalui enam indikator mutu Rumah Sakit yang telah ditetapkan kepada seluruh pengunjung Rumah Sakit
  • Peserta mampu memberikan kesadaran dan kepatuhan yang penuh terkait dengan terlaksananya program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan kejadian yang tidak diharapkan.

Metode

Training di Mitra Prima menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok

Materi Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Berikut ini materi yang diajarkan oleh team Trainer Mitra Prima, yaitu:

  • PMKP 1. Leadership and Quality Patient Safety Plan
  • PMKP 2. Clinical Guidline / Clinical Pathway
  • PMKP 3. Penetapan dan Pengumpulan Data Indikator
  • PMKP 4. Analisa Data Indikator
  • PMKP 5. Validasi Data Indikator
  • PMKP 6. Sentinel Event
  • PMKP 7. Variasi / Trend Data Tidak Diharapkan
  • PMKP 8. Near Miss
  • PMKP 9. Improvement and Sustainbility
  • PMKP 10. Improvement in Priority Area and Test Change
  • PMKP 11. Risk Management – FMEA

Peserta Pelatihan

Ketua dan anggota team PMKP Rumah Sakit, Divisi pelayanan dan K3, Divisi umum dan Customer Service, para Staff dan Direksi, koordinator Dokter, Kepala Perawat, Kepala Bidan, HRD/SDM Rumah Sakit serta semua pihak yang ikut terlibat langsung dalam Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. 

Instruktur/Trainer

Mitra Prima Indonesia Consultant & Team.

Durasi Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

2 hari (efektif 14 jam) Mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Investasi Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP)

Rp. 4.000.000/peserta (belum termasuk biaya akomodasi dan penginapan).

Minimal peserta (2 – 3 peserta).

Fasilitas Pelatihan

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit, Jacket, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dan Pelatihan dilaksanakan di hotel berbintang.

HUBUNGI KAMI!!!

Marketing Office:

Phone/Fax : 021-7715137

Online Marketing:
Nur         : 0812-90005137 (Simpati / WhatsApp)
Bram      : 0878-80005137 (XL)

Email:
training.mitraprima@gmail.com

Website:
www.mitra-prima.co.id

Jadwal Training Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) Tahun 2017:

  • Jakarta, 6-7 September 2017
  • Bogor, 27-28 September 2017
  • Jakarta, 10-11 Oktober 2017
  • Bogor, 25-26 Oktober 2017
  • Jakarta, 8-9 November 2017
  • Bogor, 23-24 November 2017
  • Jakarta, 11-12 Desember 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *